PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5 E DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

ALFU LAELA MAZIDAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respons siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5 E dengan strategi Question Student Have pada materi suhu dan perubahannya. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Rancangan penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII I, VII AT dan VII F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran adalah sangat baik. Nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kelas VII I sebesar 3,88; VII AT sebesar 3,86 dan VII F sebesar 3,92. Hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan meningkat dengan kriteria sedang.  Nilai rata-rata gain score untuk kelas VII I sebesar 0,54, VII AT sebesar 0,49 dan VII F sebesar 0,52. Hasil belajar siswa pada kompetensi sikap berkriteria sangat baik dengan rata-rata nilai modus adalah 3,83. Hasil belajar siswa pada kompetensi keterampilan berkriteria sangat baik dengan rata-rata capaian optimum adalah 3,69 atau A-. Respons siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle 5 E dengan strategi Question Student Have pada materi suhu dan perubahannya berkriteria baik sekali dengan persentase sebesar 90%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle5 E dengan strategi Question Student Have  pada materi suhu dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


 


Kata kunci: Learning Cycle 5 E, Question Student Have, hasil belajar, suhu dan perubahannya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.