KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Kirana Widya Hariapsari, Kirana Widya Hariapsari

Abstract


Literasi sains merupakan kemampuan membuat keputusan terkait isu-isu ilmiah yang berkembang dan fenomena ilmiah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Materi suhu dan perubahannya sangat berkaitan dengan isu-isu dan fenomena ilmiah yang ada dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design dan subjek penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Cerme. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes literasi sains siswa. Metode analisis data peningkatan kemampuan literasi sains menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian kemampuan literasi sains siswa saat pretest berada pada level 1 dan 2, serta mengalami peningkatan saat posttest berada pada level 2, 3, dan 4. Perolehan N-Gain aspek konteks, kompetensi, dan pengetahuan sains berkategori sedang dan N-Gain aspek sikap berkategori rendah. Pembelajaran untuk melatihkan kemampuan literasi sains diperlukan adanya bacaan ilmiah yang lebih banyak.


Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Literasi Sains, Materi Suhu dan Perubahannya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.