KELAYAKAN GAME THE ADVENTURE OF TAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN

ADLIYAH TAMRINI

Abstract


Kurikulum 2013 mengharapkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisien dan efektivitas pembelajaran, serta mengharapkan pembelajaran diselenggarakan secara menyenangkan. Untuk mendukung penerapan kurikulum 2013, penggunaan game bersarana komputer  dapat menjadi media pembelajaran dalam menyampaikan informasi pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Develoment). Tahapan yang dilakukan terdapat tiga tahap yaitu studi pendahuluan, studi pengembangan, dan evaluasi. Namun penelitian ini terbatas pada tahap studi pengembangan yakni ujicoba terbatas. Untuk memperoleh kelayakan game The Adventure of Tam sebagai media pembelajaran interaksi makhluk hidup dengan lingkungan ditinjau berdasarkan validitas, efektivitas berdasarkan hasil belajar, respon serta aktivitas siswa, dan kepraktisan game berdasarkan respon siswa. Game The Adventure of Tam akan diujicobakan secara terbatas 15 siswa pada kelas VII di SMP Negeri 1 Porong diperoleh hasil bahwa game The Adventure of Tam layak digunakan sebagai media pembelajaran interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, dengan perolehan skor 3,54 kategori Sangat Baik pada validitas ditinjau dari lima kriteria yakni kriteria ke IPA-an, games, kesesuaian materi, penyajian, dan kebahasaan. Kepraktisan memperoleh skor 3,38 kategori Baik ditinjau dari respon siswa dalam menggunakan game.  Ketuntasan  siswa sebesar 93%, respon kesenangan siswa memperoleh 3,37 kategori Baik, serta aktivitas mengoperasikan game berbantuan panduan yang paling sering muncul sebesar 21,94%.


Kata kunci :  Game The Adventure of Tam, Media Pembelajaran, Metode R&D


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.