PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

LELY RESTI MAIZUROH

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan komunikasi yang dimiliki siswa baik keterampilan komunikasi secara tertulis maupun lisan berdasarkan pretest dan postetst pada materi sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Metode pengumpulan data dengan metode tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi tertulis siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Jombang meningkat secara signifikan menggunakan karya mind mapping dan laporan pengamatan dengan hasil rata-rata gain skor 0,86 dengan kategori tinggi. Keterampilan komunikasi lisan siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Jombang meningkat secara signifikan dengan menggunakan karya mind mapping dan laporan pengamatan untuk dipresentasikan dengan hasil rata-rata gain skor 0,88 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan komunikasi siswa dapat dilatihkan dengan baik dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.