PENGEMBANGAN ALAT PERAGA “CIRCULATORY BOTTLE” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII  SMP PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH  PADA MANUSIA

LULUK IMASNUNA

Abstract


Materi sistem peredaran darah pada manusia merupakan materi yang kompleks sehingga menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu alat peraga untuk membantu siswa dalam memahami sistem peredaran  darah pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Alat peraga “Circulatory Bottle”  ditinjau berdasarkan aspek validitas, keefektivan dan kepraktisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan. Tahap penelitian pengembangan adalah  potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Subjek penelitian tersebut adalah 15 siswa SMPN 3 Sidoarjo. Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa  alat peraga “Circulatory Bottle”  dinyatakan valid berdasarkan hasil validitas yaitu sebesar 93,06%. Kelayakan alat peraga “Circulatory Bottle” dinyatakan praktis berdasarkan  hasil aktivitas siswa dan respons siswa, yaitu diperoleh aktivitas  yang sering muncul  yaitu mengidentifikasi organ yang berperan dalam proses peredaran darah dengan menggunakan “Circulatory Bottle” mendapatkan persentase rata-rata sebesar 25%, dan hasil respons siswa terhadap Alat peraga “Circulatory Bottle” diperoleh respons positif sebesar 99% dan dinyatakan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Alat peraga “Circulatory Bottle” sangat layak digunakan ditinjau berdasarkan  aspek validitas, efektifitas dan kepraktisan. Kelayakan  alat peraga “Circulatory Bottle” dinyatakan efektif  berdasarkan  hasil peningkatan konsep siswa dinyatakan sangat baik karena hasil gainscore dari 15 siswa seluruhnya lebih dari 0,30  selain itu hasil ketuntasan belajar dari 15 siswa seluruhnya dinyatakan tuntas dan ketuntasan indikator seluruhnya juga dinyatakan tuntas karena lebih dari 75%.  


Kata kunci : Alat Peraga, Sistem Peredaran Darah pada Manusia, Pembelajaran Konsep 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.