VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP BERORIENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

ENDANG LUTVIA NINGSIH bm

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran IPA SMP berorientasi model PBL untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur penelitian yang mengikuti tahap model four-D meliputi empat tahapan, yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) (Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang diadaptasi dalam Ibrahim (2002), namun tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Dalam mencapai tujuan tersebut maka peneliti telah merancang perangkat pembelajaran yang ditelaah dan direvisi selanjutnya  divalidasi oleh 2 pakar dalam bidang IPA dan 1 praktisi yakni guru IPA SMP. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada 16 siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Peterongan Jombang tahun ajaran 2015/2016 untuk mengetahui keterbacaan BAS dan LKS.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran IPA SMP berorientasi model PBL untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan memiliki rata-rata persentase validitas masing masing yakni sebesar silabus (88,33%), RPP (88,09%), BAS (85,42%), LKS (91,67%), dan TKBKf (86,54%), berkategori sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan melakukan sedikit perbaikan. Keterbacaan BAS dan LKS oleh siswa  secara keseluruhan adalah menarik namun cukup mudah dipahami.


Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran IPA SMP berorientasi model PBL untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi suhu dan perubahannya yang telah dikembangkan adalah valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA.


Kata kunci               : validitas, problem based learning, keterampilan berpikir kreatif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.