MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPN 32 SURABAYA

FITRIANA NUR ASTUTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan komunikasi siswa (bertanya dan berpendapat serta menyampaikan hasil percobaan/ pengamatan) setelah diterapkan model pembelajaran aktif pada materi ekosistem . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pre-experimental design. Rancangan penelitiannya adalah one shoot case study. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMPN 32 Surabaya yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan keterampilan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi (bertanya dan berpendapat) mendapat nilai rata-rata tiap pertemuan sebesar 3,47; 3,56 dan 3,68 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 100%, sedangkan keterampilan komunikasi (menyampaikan hasil percobaan atau pengamatan) mendapat nilai rata-rata tiap pertemuan sebesar 3,07; 3,07 dan 3,60 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 100%. Dua aspek keterampilan komunikasi tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif dapat melatihkan keterampilan komunikasi siswa. Penerapan model pembelajaran aktif (active learning) sebaiknya dilakukan terus-menerus dalam pembelajaran secara efektif dan diterapkan pada materi lain karena model pembelajarn aktif (active learning) dapat melatihkan keterampilan komunikasi dan meningkatkan hasil belajar.


Kata kunci: Model Pembelajaran Aktif, Keterampilan Komunikasi, Materi Ekosistem


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.