PENERAPAN STRATEGI DEBAT AKTIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Audhea Setya Pramesswari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa dalam penerapan strategi debat aktif pada Materi Pemanasan Global. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan satu kelas perlakuan, yaitu kelas VII-F SMP Negeri 2 Jombang sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pree-test dan post-test, untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi debat aktif , keterampilan berpikir kritis siswa tiap aspek mengalami peningkatan antara lain interpretasi 96,67 %, analisis 98,33 %, evaluasi 60,94 %, inferensi 79,69 %, dan eksplanasi 98,44.Ketuntasan keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 90,62 % dengan rata-rata 84,94. Dengan peningkatan rata-rata N-Gain sebesar 0,64 masuk dalam kategori sedang. Pengamatan aktivitas siswa mengalami peningkatan aktivitas yang dinilai baik sebesar 10,42 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi debat aktif dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Kata kunci: strategi debat aktif, keterampilan berpikir kritis pemanasan global


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.