MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MAKANAN SEBAGAI SUMBER ENERGI

INDRAINI IDA SAFITRI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada materi makanan sebagai sumber energi, mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII setelah mengikuti model pembelajaran berbasis masalah pada materi makanan sebagai sumber energi dan mengetahui respon peserta didik kelas VII terhadap model pembelajaran berbasis masalah pada materi makanan sebagai sumber energi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimental dengan one group pre test-post test design dan sampel penelitian peserta didik kelas VII G SMP Negeri 30 Surabaya sebanyak 33 orang. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, tes dan angket. Persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan ke-2 adalah 73% dengan kriteria baik. Pertemuan ke-3 hingga ke-5 memiliki kriteria yang sama yaitu sangat baik dengan persentase rata-rata berurutan sebesar 82%, 94% dan 96%. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII G SMP Negeri 30 Surabaya mengalami peningkatan pada gain scores dengan kriteria yang bervariasi setelah melalui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Peserta didik yang memeroleh kriteria rendah sebesar 6%, sedang sebesar 64% dan tinggi sebesar 30%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut secara efektif mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Respon peserta didik sangat kuat dengan persentase rata-rata sebesar 93,72%. Data di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat dikatakan efektif untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Makanan sebagai Sumber Energi, Kemampuan Pemecahan  Masalah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.