PROFIL HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

DWI SEPTI HANA PUTRI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa. Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E  pada materi kalor dan perpindahannya dalam kurikulum 2013. Penelitian ini  dilakukan di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2015-2016 pada kelas VII-4 dengan jumlah 33 siswa. Keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra eksperimen sehingga penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian sikap, tes hasil belajar, dan angket. Analisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi kalor dan perpindahannya telah terlaksana dengan skor 3,88 kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa kompetensi sikap diketahui bahwa kelas VII-4 telah mencapai kriteria ketuntasan “Baik dan Sangat Baik”. Hasil belajar siswa kompetensi pengetahuan memperoleh peningkatan hasil belajar siswa dengan skor rata-rata menggunakan uji N-Gain score sebesar 0, 46 dengan kategori sedang. Hasil belajar kompetensi keterampilan mencapai predikat A, predikat A- dan predikat B+. Seluruh siswa memberikan respons positif terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi kalor dan perpindahannya.


Kata kunci : Model pembelajaran Learning Cycle 5E, materi kalor dan perpindahannya, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, respons siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.