PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

GLORYA RYSTY NINGTYAS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan rancangan One Group Pre-Test-Post-Test Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-I dan VII-H SMP Negeri 1 Driyorejo. Hasil penelitian ini menunjukkan, keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) kelas VII-I pada pertemuan 1 mencapai 3,76 dan pada pertemuan 2 mencapai 3,85 dengan kriteria sangat baik, sedangkan kelas VII-H pada pertemuan 1 mencapai 3,84 dan pada pertemuan 2 mencapai 3,93 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis nilai pretest dan postest kelas VII-I dan VII-H,  mengalami peningkatan hasil belajar dengan n-Gain sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi. Nilai keterampilan siswa kelas VII-I, 3 aspek mendapat kriteria sangat baik, Sedangkan pada kelas VII-H, 2 aspek mendapat kriteria sangat baik dan 1 aspek mendapat kriteria baik yaitu gambar.  Aktivitas siswa kelas VII-I pada pertemuan 1 mencapai 89,70% dan pada pertemuan 2 mencapai 91,66% dan dikelas VII-H pada pertemuan 1 mencapai 81,42% dan pada pertemuan 2 mencapai 86,75% dengan kriteria sangat baik. Siswa memberikan respons positif yang sangat kuat terhadap proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dengan persentase sebesar 95,09% dan 85,78%.


 


Kata kunci :


Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.