PENGEMBANGAN PERMAINAN KOTAK-KATIK IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI SMP

ESTI ANUGRAHENI M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan Kotak-katik IPA pada materi Sistem Ekskresi sebagai media pembelajaran yang layak untuk digunakan. Kelayakan permainan Kotak-katik IPA ditinjau dari tiga aspek yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan mengacu pada model pengembangan 4D yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan kepada 16 siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 51 Surabaya dengan menggunakan sistem one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket respon siswa dan lembar tes hasil belajar (pretest-posttest).  Berdasarkan data hasil penelitian, permainan Kotak-katik IPA sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan persentase validitas sebesar 93%. Permainan Kotak-katik IPA sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan persentase hasil respon siswa sebesar 96,48%. Permainan Kotak-katik IPA sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 87,5% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 100%. Dengan demikian, permainan Kotak-katik IPA dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata Kunci: permainan Kotak-katik IPA, media pembelajaran, kelayakan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.