KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN SCIENCE DART DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT UNTUK SISWA SMP

LUSI MARIA HANDAYANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media permainan Science Dart pada materi Tekanan Zat sebagai media pembelajaran untuk siswa SMP. Keefektifan media permainan Science Dart ditinjau berdasarkan tiga aspek yaitu peningkatan pemahaman konsep siswa, ketuntasan pemahaman konsep siswa dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan serta mengacu pada model pengembangan R&D yang meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, telaah, validasi, dan uji coba produk yang dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-G di SMP Negeri 1 Cerme dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar tes pemahaman konsep (pretest dan posttest) dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan data hasil penelitian, media permainan Science Dart dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,62 kategori peningkatan sedang, ketuntasan pemahaman konsep meliputi ketuntasan enam aspek yaitu aspek interpretasi sebesar 85,94%; aspek memberi contoh sebesar 84,38%; aspek mengklasifikasi sebesar 79,69%; aspek inferensi sebesar 81,25%; aspek membandingkan sebesar 84,38%, dan aspek menjelaskan sebesar 76,56%, serta motivasi belajar siswa memperoleh persentase sebesar 79,72% dengan kategori motivasi tinggi. Dengan demikian, media permainan Science Dart dinyatakan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA.


Kata Kunci: permainan Science Dart, media pembelajaran, keefektifan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.