KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EXTROVERT PADA MATERI KALOR

YUBHANIR MUJI RAHAYU

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran siswa SMP dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari kepribadian introvert dan kepribadian extrovert pada materi kalor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek pada penelitian ini meliputi tiga siswa kepribadian introvert dan tiga siswa kepribadian extrovert dengan kemampuan kognitif yang setara (tinggi) dan berjenis kelamin sama yaitu laki-laki. Kemampuan penalaran dianalisis berdasarkan indikator yang digunakan yaitu (1) kemampuan menghubungkan keterkaitan antara unsur-unsur dalam permasalahan, (2) kemampuan mengajukan dugaan, (3) kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen, (4) kemampuan menarik kesimpulan dari pertanyaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada indikator pertama subjek introvert maupun subjek extrovert mampu menggunakan keterkaitan keseluruhan informasi yang ada dalam permasalahan. Pada indikator kedua dugaan yang dibuat subjek introvert dan extrovert sudah tepat selain itu subjek introvert dan extrovert mampu memberikan alasan yang logis. Pada indikator ketiga baik subjek introvert maupun subjek extrovert telah mampu memeriksa kesahihan suatu argumen, hal ini terlihat dari jawaban yang benar beserta menggunakan alasan dan bukti yang tepat. Pada indikator keempat subjek introvert mampu menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan tetapi subjek extrovert belum mampu karena subjek extrovert tidak dapat menunjukkan bukti yang mendukung. Dari penjelasan tersebut, diketahui bahwa subjek introvert telah memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran yang digunakan, sedangkan untuk subjek extrovert hanya memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran.


Kata Kunci: Penalaran, Kepribadian Introvert-Extrovert, Kalor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.