KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

FADILLA AINUR ROHMAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa setelah adanya pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning.
Indikator keterampilan berpikir kritis yang digunakan adalah memberikan penjelasan lanjutan, mengatur strategi dan taktik, dan menyimpulkan.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest and posttest.
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 26 Surabaya kelas VIII G semester kedua tahun akademik 2016/2017.
Hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis yaitu untuk memberikan penjelasan sederhana sebesar 55%, mengatur strategi dan taktik sebesar 44% dan menyimpulkan sebesar 51,4%.
Kata kunci : pembelajaran, discovery learning, berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.