PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA SIMULASI PhET PADA MATERI GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

SAPITRI RAHAYU

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan media simulasi PhET pada materi gelombang. Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental dengan desain “One Group Pretest Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 22 Surabaya semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-F dan VIII-G. peningkatan pemahaman konsep dianalisis dengan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan di kedua kelas. N-Gain score sebesar 0,76 untuk kelas VIII-F dan sebesar 0,78 untuk kelas VIII-G dengan kategori tinggi di kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan media simulasi PhET dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.


Kata kunci:  Pendekatan Saintifik, Simulasi PhET, Pemahaman Konsep.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.