PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII A SMP N 2 SUGIO-LAMONGAN

MERITA Dwi DWI RAHAYU

Abstract


Abstrak


Penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA Terpadu  tema Fotosintesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP IPA, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain “One Shot Case Study”. Sasaran penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sugio Kabupaten Lamongan yang terdiri dari 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk menganalis keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa (sebagai data pendukung), sedangkan metode tes digunakan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil analisis data dalam penelitian ini antara lain hasil analisis keterlaksanaan RPP, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan keterlaksanaan RPP selama dua pertemuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,15 dengan katagori baik. Indikator keterampilan berpikir kritis yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi interpretasi, analisis, eksplanasi, dan inferensi. Keterampilan berpikir kritis kelas VIII A bervariasi dengan rincian, 54,16% siswa memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi, 29,16% memiliki keterampilan berpikir kritis sedang, dan 16,7% memiliki keterampilan berpikir kritis rendah. Ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ini (kognitif, afektif, dan psikomotor) adalah 83,3 % dengan rincian hasil belajar aspek kognitif rata-rata seluruh siswa sebesar 81 dengan katagori sangat baik; hasil belajar aspek psikomotor rata-rata seluruh siswa sebesar 84 dengan katagori sangat terampil; hasil belajar aspek afektif rata-rata seluruh siswa sebesar 77,25 dengan katagori kuat.


Kata Kunci: IPA terpadu, STAD, Keterampilan berpikir kritis.


 


Abstract


The research of the implementation of STAD cooperative learning in integrated science learning photosynthesis theme aims to describe the implementation science lesson plans, critical thinking skills, and student learning outcomes. The design of this study is "One Shot Case Study". Research goals is class VIII A SMP Negeri 2 Sugio Lamongan consisting of 24 students. Data collection methods used in this study are the observation method and testing methods. Observation method is used to analyze the implementation of learning and student activities (as supporting data), whereas the test methods used to analyze the critical thinking skills and student learning outcomes. Results of data analysis in this study include lesson plans implementation analysis, critical thinking skills, and student learning outcomes. Implementation of lesson plans observation during two meetings to obtain an average value of 3.15 with good category. Indicators of critical thinking skills are applied in this research includes interpretation, analysis, explanation, and inference. Critical thinking skills class VIII A varies with the details, 54.16% students have higher critical thinking skills, 29.16% had a moderate critical thinking skills, and 16.7% had low critical thinking skills. Mastery of student learning outcomes in this study (cognitive, affective, and psychomotor) was 83.3% with the details of the results of the cognitive aspects of learning throughout student average of 81 with very well category; psychomotor aspects of learning outcomes overall students average of 84 with category of highly skilled; affective aspects of learning outcomes overall students average of 77.25 with strong category.


Keywords: integrated science, STAD, critical thinking skills.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.