PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

Cesarica Oktavia Putri

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui hasil belajar siswa SMP setelah dilakukannya proses pembelajaran dengan materi energi dalam sistem kehidupan dengan menggunakan model guided inquiry. Pre-eksperimental yaitu jenis penelitian yang diambil memakai one group pretest and posttest design sebagai rancangan penelitiannya. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode tes yang diujikan kepada 32 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Socah, Bangkalan. Hasil penelitian yang dihasilkan yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah memakai model guided inquiry diperoleh rata-rata ketuntasan pretest persentase sebesar 6,2% siswa yang tuntas dan mengalami peningkatan pada posttest dengan persentase sebesar 87,5% siswa yang tuntas. Skor N-gain rata-rata 0,74 dengan kategori tinggi yang artinya adanya perbedaan signifikan nilai pretest dan posttest.


Kata Kunci: hasil belajar, energi dalam sistem kehidupan, guided inquiry.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.