KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP

MERRY DWI PRASTIWI, TUTUT NURITA

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa di kelas VII-A SMPN 1 Balongpanggang Gresik. Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan rancangan percobaan One Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui metode tes yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi pada indikator melaksakan rencana pemecahan masalah dengan nilai N-Gain sebesar 0,88, sedangkan 3 indikator mengalami peningkatan dengan kategori sedang yaitu memahami masalah sebesar 0,43, menyusun rencana pemecahan masalah sebesar 0,57, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh sebesar 0,55.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kalor dan Perpindahannya.






Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.