PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMPN 1 KREMBUNG PADA MATERI ZAT ADITIF

HILDA IKA PUSPITASARI, MARTINI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi zat aditif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan penelitian ialah non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Krembung. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan N-gain sebesar 0,68 dengan kriteria “sedang”, sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan N-gain sebesar 0,62 dengan kriteria “sedang”. Untuk aspek keterampilan proses sains yang mendapatkan kriteria N-gain “sedang” pada kelas eksperiman yaitu aspek menyusun hipotesis, mengenali variabel, menginterpretasikan data dan menyimpulkan, sedangkan aspek yang mendapatkan kriteria N-gain “tinggi” yaitu aspek merumuskan masalah dan membuat tabel data.

Kata Kunci: keterampilan proses sains, zat aditif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.