PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

RISA EKA ICHWANAH, TUTUT NURITA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experimental design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIB di SMP Negeri 2 Tanggulangin. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes keterampilan proses sains. Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dianalisis menggunakan analisis n-gain score. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dikategorikan tinggi dengan indeks gain 0,75.

Kata kunci: learning cycle 5E, keterampilan proses sains


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.