PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOSAINS PADA KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

ABID ROHMIYATUL WAHDA, ELOK SUDIBYO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis etnosains pada kelas IX untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan kelayakan validitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research & Development yang terdiri dari 13 tahap, namun dibatasi sampai pada tahap uji coba produk. Subyek penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas IX-A MTs Negeri 1 Jombang. Teknik pengumpulan data digunakan dengan metode angket. Metode angket meliputi lembar telaah dan validitas. Hasil penelitian berdasarkan kelayakan validitas menunjukkan bahwa LKS berbasis etnosains sangat layak digunakan.

Kata Kunci: pengembangan, LKS, etnosains, keterampilan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.