PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE TAI PADA MATERI KALOR UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 BANGIL

AUDIA NUR AZIZAH, ELOK SUDIBYO

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian0iini0i adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) guna mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa serta respon siswa terhadap model model pembelajaran yang diterapkan. Rancangan penelitian ini adalah True-Experimental Desaigns. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Bangil, sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-K dengan pelakuan pembelajaran menggunakan kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan kelas VII-J dengan perlakuan pembelajaran menggunakan kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI). Hasil pretest dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, berdasarkan analisis tersebut didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji-t yaitu hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) lebih baik secara signifikan dibanding dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan rata-rata 75,26. Pengisian angket respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) secara keseluruhan mempunyai respon positif dengan kriteria respon yang sangat baik dengan rata-rata prosentase respon siswa sebesar 82,72 %

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD), Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI), keterlaksanaan model Pembelajaran kooperatif tipe TAI, Hasil belajar Siswa dan Respon siswa dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe TAI.







Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.