Peningkatan Literasi Sains Pada Materi Zat Aditif Kelas VIII-C SMP Negeri 21 Surabaya

FARIDA ARIFAH, LAILY ROSDIANA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains siswa SMP Negeri 21 Surabaya. Aspek kemampuan literasi sains yang dilatihkan terdiri dari aspek konten sains, aspek konteks sains dan aspek proses sains. Penelitian ini menggunakan R & D (Research and development) Penelitian R &D ini terdiri dari tiga tahapan, antara lain studi pendahuluan, studi pengembangan, dan studi pengujian. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan, tepatnya pada tahap uji coba. Subjek penelitiannya adalah 32 siswa kelas VIII-C SMP Negeri 21 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains SMP Negeri 21 Surabaya mengalami peningkatan setelah diberikan treatment LKS literasi sains. Hasil perhitungan Uji N-gain dengan skor rata-rata sebesar 0,66 berkategori sedang Data yang diperoleh tersebut menunjukkan siswa kelas VIII-C mengalami peningkatan kemampuan literasi sains

Kata Kunci: Literasi Sains, Zat Aditif.

Abstract

The goal of this research is to increase students science literacy skill at SMP Negeri 21 Surabaya. Science literacy skills indicator used in this research are contets science, competencies science and knowledge science. The research is used thorugh the design R&D (Research and Development). R&D consist of three step includes: including oreliminary studies, development studies, and testing studies. The subject of this research are 32 students. The instrument used in the research is test instrument. The research took place in 2nd semester in the academic year of 2017/2018 at SMP Negeri 21 Surabaya in class VIII-C. The result showed that students science literacy skills increase an effect of the treatment of science literacy worksheet. In the result can be seen from the counting of N-gain with average for 0,66 in medium interpretation.The data shows that class VIII-C increase of science literacy.

Keywords: Science Literacy, Additive of substance.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.