PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI SUHU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY

SITI CHOTIMAH, MARTINI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada sub materi suhu dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian “one group pretest-posttest design”. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-D SMPN 1 Driyorejo tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan model guided discovery. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi pada uji-t berpasangan yaitu sebesar 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan guided discovery, dan hasil N-gain score didapatkan peningkatan sebesar 83,9% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada sub materi suhu.





Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.