PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN INFORMASI PADA MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII

ANGGITA INTAN KUMALA DEWI, ERMAN

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian adalah pre-exsperimental design, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “One grup pre-test Post-test design”. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes berupa pretest dan posttest. Instrument penelitian yang di gunakan meliputi lembar pretest dan posttest. Hasil analisis Uji N-gain telah diperoleh skor dengan kategori tinggi. Berdasarkan out put “Uji t-berpasangan” bernilai <0,05. Menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran berbasis keterampilan informasi terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berbasis keterampilan informasi efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pembelajaran berbasis keterampilan informasi, pencemaran air, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.