PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA HIPERTENSI DI KELAS VIII SMPN 2 PONOROGO

LUKLUK RAHMAWATI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan hasil belajar siswa, keterlaksanaan model inkuiri, dan respon siswa terhadap model inkuiri dalam pembelajaran IPA Terpadu tema hipertensi. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan “One Shot Case Study” dan analisis dilakukan secara deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ponorogo tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 10 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII B. Berdasarkan hasil pengamatan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri dapat terlaksana dari tahap awal sampai akhir dengan rata-rata skor 3,27 (sangat baik). Ketuntasan hasil belajar siswa yang telah diberikan tes sebesar 87,5%. Ketuntasan hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan yaitu dari persentase sebesar 46% menjadi 84,4% dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek psikomotor juga mengalami peningkatan yang tinggi dari 59,4% menjadi 78,1% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa pada ketiga aspek tersebut saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Siswa kelas V III SMPN 2 Ponorogo memberikan respon yang baik terhadap model inkuiri yang ditunjukkan dengan persentase siswa yang menjawab positif sebesar 95,3% dan yang menjawab negatif sebesar 4,7%.


Kata Kunci: Penerapan Model Inkuiri, Pembelajaran IPA Terpadu, Hipertensi


 


Abstract


This research aimed to describe the student learning achievement, implementation inquiry model, and student response of model in learning science inquiry Integrated theme hypertension. This research was a pre-experimental with the "One Shot Case Study" design and done by descriptive analysis. The population of this research were all students of class VIII State Junior High School 2 Ponorogo the academic year 2012/2013 which consists of 10 classes. The sample used in this research was a class VIII B. Based on the result of observation, it could be concluded  implementation learning inquiry model can be realized from beginning to finish with an average score of 3,27 (very good). Completeness of student learning achievement is given a test 87,5%. The affective learning achievement of students has increased the percentage from 46% to 84,4% with criteria very well. The psychomotor aspects of student learning achievement also increased from 59,4% to 78,1% with criteria very well. Student learning achievement in three aspects give affect each other. Student of Class VIII Junior High School 2 Ponorogo give a good response of inquiry model showed by the percentage of students who answered positively 95,3% and 4,7% responded negatively.


Keywords: Application Inquiry Model, Integrated Science Learning, Hypertension



 


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.