PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA DI SMP NEGERI 1 AROSBAYA

NURUL Fitria FITRIA NINGSIH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan SETS, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimental, dengan menggunakan satu kelas sebagai sasaran penelitian yaitu kelas VIII-i sebanyak 34 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain one shot case study. Penelitian dilaksanakan selama tiga kali pertemuan, dengan dua kali pertemuan untuk proses belajar mengajar, dan satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan SETS pada materi bahan kimia rumah tangga telah dikelola sesuai sintaks dengan kategori sangat baik (89%). Hasil belajar untuk aspek kog nitif telah berhasil menuntaskan siswa sebanyak 30 siswa (88,2%), sedangkan yang tidak tuntas sebesar 4 siswa (11,8%). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kelas berdistribusi normal dengan χhitung< χtabel (9,5<11,07) dengan α=0,05. Berdasarkan uji t satu pihak didapatkan thitung > ttabel (α=0,05), dengan  thitung sebesar 4,96 dan  ttabel sebesar 1,70. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan SETS pada materi bahan kimia rumah tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keterampilan kinerja siswa yang diamati melalui aspek psikomotor menunjukkan kategori sangat baik (90,8%) dan aspek afektif menunjukkan kategori baik (84,5%). Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang telah berlangsung dengan kriteria sangat baik (95,3%).


Kata kunci:  Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SETS, Hasil Belajar Siswa, Bahan Kimia Rumah Tangga


Abstract


This study aims to describe the students' learning achievement, the implementation of cooperative learning of STAD using SETS approach, and the students’ respond after following the teaching and learning process. This is a pre-experimental study, and the researcher chose one class as the subject of the research, that is, class VIII-i consist of 34 students. The design of the study is one shot case design. The study was conducted for three meetings, two meetings for the teaching and learning process, and one meeting for the administration of cognitive and psychomotor test. The findings of the study shows that the implementation of cooperative learning of STAD using SETS approach in the material of household chemicals have been implemented well based on the syntax in the category of very good (89%). The cognitive aspect of the learning achievement of the successful students were 30 students (88,2%), unsuccessful students were 4 (11,8%). The result of normality test shows that it is normally distributed classes with χscoretable (9,5 <11,07) with α = 0,05. The result of t-test of one-tailed obtained tscore> ttable (α = 0,05), with tscore of 4,96 and 1,70 for ttable. This result shows that the implementation of cooperative learning of STAD using SETS approach in the material of household chemicals improves the students’ learning achievement. The students’ performance in the psychomotor aspect is the category of excellent (90,8%), and the affective aspect is in the category of good (84,5%). Based on the results of questionnaires known that students respond positively to the teaching and learning process with the criteria of very good (95,3%).


Keywords: Cooperative Learning of STAD with SETS Approach, Students’ Learning Achievement, Household Chemicals.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.