PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU POLA WEBBED BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA 4P (PENGAWET, PEMANIS, PEWARNA, PENYEDAP) DAN KESEHATAN UNTUK SMP KELAS VIII

AFFIN Nurul NURUL HIDAYAH

Abstract


Abstrak  


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap perangkat pembelajaran IPA terpadu. Metode penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan instrumen penelitian lembar telaah dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA terpadu ini layak berdasarkan kriteria interpretasi skor dari dosen sains, dan guru IPA sebesar 61%. Penilaian dari dosen sains, dan guru IPA berdasar kriteria isi, penyajian, dan kesesuaian dengan komponen keterampilan proses berturut-turut sebesar 88,99% (sangat layak), 88,58% (sangat layak), dan 87,38% (sangat layak). Untuk keterlaksanaan RPP yang dikembangkan telah terlaksana dengan baik, pada pertemuan pertama dan kedua berturut-turut sebesar 3,83 (sangat baik ) dan 3,91 (sangat baik). Untuk ketuntasan belajar siswa pada waktu pre-test diperoleh semua siswa tidak tuntas, sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada waktu post-test terdapat 13 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal memperoleh presentase 86,67%. Untuk hasil respons siswa secara keseluruhan berdasarkan kriteria isi, penyajian, dan kesesuaian dengan komponen keterampilan proses  berturut-turut sebesar 97,77% (sangat layak), 88,88% (sangat layak), dan 93,33% (sangat layak). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat peneliti simpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berorientasi keterampilan proses yang telah dikembangkan telah layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.


Kata kunci: penelitian pengembangan; perangakat pembelajaran IPA terpadu; keterampilan proses; 4P dan kesehatan.


 


Abstract


This research aimed to describe the feasibility, the implementation of the teaching learning process, the result of student achievement, and the student responses of teaching learning package. This research using Research & Development (R&D) method with instruments that are using the review sheets and validity sheets. The result of this research showed that the feasibility aspect was ≥ 61%. Percentages of teacher and science lecture’s validated based on feasibility of content criteria, presentation, and suitability with component of science process skills are about 88,99% (very feasible), 88,58% (very feasible), dan 87,38% (very feasible). For the implementation of lesson plan development had implemented well on the first and second meeting are about 3,83 (very good) and 3,91 (very good). All of the student can not obtained the objective learning on pretest but on the post- test, there were 13 students success to obtain the objective learning and 2 students unsuccessful with the classical success 86,67%. Based on the student responds result, the percentage of content criteria, presentation, and suitability with component of science process skills are about 97,77% (very feasible), 88,88% (very feasible), and 93,33% (very feasible). Based on the result of the research, can be concluded that the development of teaching learning package with webbed pattern oriented to science process skills is feasible as a teaching learning.


Keywords: development research; teaching learning package; science process skills; 4P and health.



 


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.