PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA ROKOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII

DIAN SULISTIYOWATI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respons siswa setelah diadakannya penerapan strategi pembelajaran generatif pada pembelajaran IPA Terpadu tema rokok. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII H SMP Negeri 2 Jombang tahun ajaran 2012/2013 semester genap yang terdiri dari 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran strategi pembelajaran generatif pada pembelajaran IPA Terpadu tema rokok telah dilakuk an dengan kriteria baik dan sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,37 dan 3,75. (2) Ketuntasan klasikal siswa dalam mengikuti pembelajaran strategi pembelajaran generatif pada pembelajaran IPA Terpadu tema rokok mencapai 92%, serta diperoleh thitung sebesar 9,83 dan ttabel sebesar 1,71. Karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Hasil belajar aspek afektif menunjukkan peningkatan, pada pertemuan pertama nilai afektif secara klasikal adalah 78,67% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua menjadi 89,00%. Pada hasil belajar siswa aspek psikomotor secara klasikal adalah 87,42%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran generatif pada tema rokok sesuai terhadap hasil belajar siswa. (3) Siswa memberikan respons yang sangat baik terhadap pembelajaran dengan strategi pembelajaran generatif.


Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Generatif, Tema Rokok, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar, Respons Siswa.


 


Abstract


Aims of the research are to describe learning process, student achievement, and student responses with strategy generative learning were implemented on webbed science lerning at cigarette theme. This research conducted in class of VIII H at SMPN 2 Jombang in even semester of academic year 2012/2013 with 25 students. This research was conducted by Pre Experimental Design and the data were analysed by t-test analysis and descriptive quantitative analysis method. Conclusion of the research are: (1) The implement of strategy generative learning at cigarette theme conducted with good criteria and very good criteria because average obtained was 3,37 and 3,75. (2) Student classical completeness in attending strategy generative learning achieved 92%. Obtained tcount was 9,83, ttable was 1,71. Because tcount > ttable therefore hypothesis accepted. For aspect affective student achievement increase indicate, the first meeting classical affective value is 78,67% and increase experience in secon meeting become 89,00%. Students achievement of aspect psychomotor in a classical 87,42%. It shows that strategy generative learning at theme of cigarette consistent with students learning achievement. (3) Students give very good responses on learning with strategy generative learning.


Keywords: Strategy Generative Learning, Cigarette Theme, Learning Process, Student Achievement, Students Responses.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.