PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA “MAKANAN SEHAT” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

IVA LUTVIYAH

Abstract


Abstrak


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran IPA terpadu tipe Webbed dengan tema “Makanan Sehat” pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jabon yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran IPA terpadu tipe webbed. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah“pre-test and post-test group design”. Sampel penelitian adalah kelas VIII-A. Hasil data penelitian penerapan pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dengan tema ”Makanan Sehat” untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Jabon, menunjukkan bahwa: (1) Guru telah melakukan pembelajaran IPA terpadu tipe Webbed dengan memiliki n ilai rata-rata total pada pertemuan I sebesar 3,54 dan pertemuan II sebesar 3,73 yang masing-masing dalam kriteria baik. (2) Aktivitas siswa yang dilakukan pada pembelajaran IPA terpadu tipe webbed pada pertemuan I dan II memperoleh skor rata-rata masing-masing sebesar 9,04 dan 10,01 yang berarti pada pertemuan I dan II mengalami kenaikan. (3) Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal 86,84% dan diperoleh harga t tabel sebesar 1,69 sedangkan thitung = 22,75. Karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Dan aspek afektif siswa diperoleh rata-rata skor 3,13 dan 3,16 pada pertemuan I dan II yang berarti “Baik”. Sedangkan aspek psikomotor tiap aspek penilaian dalam pertemuan I dan II mendapat skor rata-rata 3,14 dan 3,22 yaitu “Baik”. (4) Respon siswa dalam pembelajaran IPA terpadu tipe Webbed adalah siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran tersebut.


Kata kunci: Pembelajaran IPA terpadu tipe Webbed, makanan sehat, dan hasil belajar


 


Abstract


Has been conduct research about applying natural science learning cohesiveness of webbed type with theme ‘healthy food’ at class student VIII in state SMP 1 Jabon that purpose to describe execution, student activity, learn result of student, and student respond to natural science learning cohesiveness of webbed type. This research represents experimental research. Used method in this research is ‘pretest and posttest group design’. Sample in this research is class VIII-A. Data result of research of applying natural science learning cohesiveness of webbed type with theme ‘healthy food’ to improving result learn of student class VIII in state SMP 1 Jabon, indicate that: (1) teacher has been conduct learning of natural science cohesiveness of webbed type with has average total at first meeting as 3,54 and second meeting as 3,73 at each criteria is good. (2) Student activity that conduct at learning of natural science cohesiveness of webbed type at I meeting and II meeting obtained average score is 9, 04 and 10,01, respectively, mean that at I meeting and II meeting experience improve. (3) Learn result with classical completeness is 86,84% and obtain ttable value as 1,69 while tcount=22,75. Because tcount > ttable hence there are significant difference between pretest value and posttest. And affective aspect of student is obtain score average is 3,13 and 3, 16, respectively, mean that meeting of I and II is ‘good’. While psychomotor aspect every assessment aspect in meeting of I and II that obtain average score is 3,14 and 3,22 that is ‘good’. (4) Student respond in learning of natural science cohesiveness of webbed type is student giving positive response to those learning.


Keywords: natural science learning of webbed type, healthy food, and learn result.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.