RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

NURLITA CANDRA DEWI, MARTINI

Abstract


Abstrak

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan LKS berbasis multiple intelligences pada materi sistem gerak manusia. Pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan LKS berbasis multiple intelligences yang telah dikembangkan sebelumnya oleh peneliti dan telah dinyatakan valid oleh validator. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Sidoarjo pada kelas 8.G dengan jumlah siswa sebanyak 32. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan LKS berbasis multiple intelligences yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa dikategorikan “sangat positif” karena setiap pernyataan pada angket respon siswa diperoleh nilai sebesar ≥61.

Kata Kunci : respon siswa dan pembelajaran dengan LKS berbasis multiple intelligences

Abstract

This research is aimed to description about students’ responses of learning with worksheet based on multiple intelligences on the human motion system. Learning process in study used workheet based on multiple intelligences which had been developed by reseachers and it has been declared valid by the validator. This research is held in SMPN Sidoarjo in class of 8.G with 32 students. Data collection techniques are obtained from student response questionnaires of learning with worksheet based on multiple intelligences which was analyzed quantitaively descriptive. The result of this research indicate that students’ responses are categorized as “very positive” because each statement on the student response questionnaire is ≥61.

Keywords:.students respon and learning with worksheet based on multiple intelligences


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.