Keefektifan LKS Berbasis Discovery Learning Pada Materi Hukum Newton Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

AYU NAHDLIA, MOHAMMAD BUDIYANTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi Hukum Newton untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba terbatas. Keefektifan LKS berbasis discovery learning dapat ditinjau dari hasil analisis pretest dan posttest siswa. Analisis hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa sebesar 16 anak memperoleh nilai n-gain kategori tinggi dan 3 anak memperoleh kategori sedang. Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada setiap komponennya dengan nilai N-Gain sebesar 0,83 kategori tinggi. Hasil penelitian menujukkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi Hukum Newton dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek kelayakan efektivitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.