KEVALIDAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

DEBBY RATNA ZULVITA, ELOK SUDIBYO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan lembar kegiatan siswa berbasis guided discovery untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D (Research and Development), hanya terbatas sampai tahap keenam yaitu uji coba produk berupa lembar kegiatan siswa. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Designs dengan rancangan penelitian One-Group PreTest-PostTest Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar telaah dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari kevalidan LKS dinyatakan layak, dikarenakan semua kriteria yang dinilai meliputi identitas LKS, syarat didaktik, syarat konstruksi, dan syarat teknis berkategori minimal baik dengan skor 4 sehingga dinyatakan valid.

Kata Kunci: kevalidan LKS, guided discovery, keterampilan proses sains






Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.