Keterlaksanaan Pembelajaran Menggunakan Komik Berbasis Etnosains Pada Materi Pemisahan Campuran Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa

TIARA ZAHRO, WAHONO WIDODO

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan komik berbasis etosains pada materi pemisahan campuran untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa. Pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik dengan media komik berbasis etnosains yang telah dikembangkan sebelumnya oleh peneliti dan telah dinyatakan valid oleh validator. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Dlanggu pada kelas VII B dengan jumlah siswa sebanyak 32. Teknik pengumpulan data diperoleh dari data lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran selama dua kali pertemuan yang diamati oleh dua observer selama pembelajaran menggunakan komik berbasis etnosains, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua mendapatkan modus berturut-turut 4 dan 3 yang dikategorikan “layak”.

The research that has been carried out aims to describe the implementation of learning using Ethical Based Comics on the material of mixed separation to improve students literacy skills. The learning carried out in this study uses sainstific learning with Ethical Based Comics which has been developed previously by the researcher and has been declared valid by the validator. This research was conducted at Dlanggu Junior High School 2 in class VII B with a total of 32 students. Data collection techniques were obtained from data observers who observed for two meetings during learning using Ethnographic Based Comics which were analyzed quantitatively descriptive. The results showed that the implementation of learning in the first meeting and the second meeting got consecutive modes 4 and 3 which were categorized as "feasible".







Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.