Pengembangan LKS Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sifat Cahaya dan Proses Pembentukan Bayangan

HALIMATUS SADIYAH, MOHAMMAD BUDIYANTO

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis Discovery Learning berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penggunaan LKS bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi sifat cahaya dan proses pembentukan bayangan. Penelitian ini dilakukan di MTsN 4 Sidoarjo pada kelas VIII-A dengan jumlah peserta didik sebanyak 31. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate), namun terbatas sampai pada tahap develop. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKS valid berdasarkan modus nilai validasi sebesar 3 dengan kategori valid. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa LKS praktis berdasarkan skor rata-rata keterlaksanaan dan persentase aktivitas peserta didik masing-masing 3,83 dan 95,04% dengan kategori sangat baik. Hasil tes keterampilan proses sains peserta didik menunjukkan bahwa LKS efektif berdasarkan ketuntasan tes keterampilan proses sains sebesar 78 % dengan kategori baik dan perolehan nilai N-Gain score sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Perolehan nilai rata-rata ­N-Gain score pada tiap aspek keterampilan proses sains sebesar 0,91 dengan kategori tinggi. Respon positif peserta didik menunjukkan LKS dinyatakan efektif berdasarkan persentase respon positif peserta didik sebesar 94,2% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: LKS, Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.