Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Tema Jamu untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa

DALIN NADHIFATUZZAHRO, SULIYANAH

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis etnosains pada tema jamu yang layak berdasarkan aspek kelayakan teoritis dan empiris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada desain instruksional ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development,dan Implementation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kegiatan siswa berbasis etnosains yang dikembangkan dinyatakan layak secara teoritis ditinjau dari hasil penilaian para validator dengan modus persentase kelayakan sebesar 87,7% dengan kategori sangat baik. Hasil kelayakan lembar kegiatan siswa berbasis etnosains secara empiris berdasarkan hasil tes literasi sains siswa dan observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis etnosains. Kelayakan lembar kegiatan siswa berbasis etnosains secara empiris berdasarkan hasil tes literasi sains siswa dengan kriteria N-Gain dalam kategori sedang sebanyak 7 siswa dan dalam kategori tinggi sebanyak 23 siswa serta skor aktivitas siswa sebesar 98,97% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa berbasis etnosains pada tema jamu dinyatakan layak berdasarkan aspek kelayakan teoritis dan empiris untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumobito.

Kata Kunci: LKS berbasis etnosains, literasi sains.

Abstract

This research aims to generate the feasibility student worksheet based on local wisdom on the theme of jamu based on theoritical and empirical feasibility. This research was developmnet research that refers to ADDIE instructional design consisting stages of Analysis, Design, Development, and Implementation. The result showed that the student worksheet develop declared by the theoritical feasibility in terms of the assessment of the validator with an average percentage of 87,7% with very decent criteria. The feasibility of empirically based on the result of science literacy test of student with N-Gain category was 7 students and in the high category as many as 23 students and students activity score were 98,97% with very good category. The result of this study indicate that the student worksheet based on local wisdom that develop are feasible to use theoritically and empirically to improve students science literacy.

Keywords: student worksheet based on local wisdom, science literacy.




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.