KEVALIDAN LKPD BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII

IMAS NUR MAZIDAH, WAHONO WIDODO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis predict, observe, explain untuk melatihkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII yang ditinjau dari aspek kevalidan. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D dengan rancangan penelitian the one shot case study. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik SMP Negeri 13 Surabaya kelas VII terbatas sebanyak 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas lembar kerja peserta didik memperoleh skor rata-rata modus sebesar 3 dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: validitas, lembar kerja peserta didik, literasi sains.

Abstract

This research aimed to describe eligibility of predictive, observe, explain based student worksheets to promote students scientific literacy skills of class VII in term of validity aspects. The design of this researches used 4-D research design with the one shot case study. The samples used in the study were students of class VII SMP Negeri 13 Surabaya limited to 20 students. The result obtained on the validity of student worksheets were score modus value overall of 3 with decent category. Based on the result of this research it can be concluded that the worksheet of students can be said to be valid and appropriate for used in learning.

Keywords: validity, student worksheets, scientific literacy

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.