PENGGUNAAN INTERACTIVE E- BOOK IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

LOLITA AGUSTIN, WAHONO WIDODO

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Interactive E-Book IPA untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Bentuk desain yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pre-test – Post-test Design. Interactive E-Book IPA yang telah dikembangkan diujicobakan pada kelompok terbatas, yaitu siswa kelas VII-A di SMP LABSCHOOL UNESA, tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 20 orang. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu, peningkatan kemampuan literasi sains berdasarkan dimensi literasi sains menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada dimensi konteks sains terjadi peningkatan sebesar 34,0%, pada dimensi pengetahuan sains terjadi peningkatan sebesar 41,6%, dan pada dimensi kompetensi sains terjadi peningkatan sebesar 35,9%.

Kata Kunci: Interactive E-Book ,IPA, Literasi sains


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.