PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E (LEARNING CYCLE) PADA MATERI PENCEMARAN AIR DAN DAMPAKNYA BAGI LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI

SRI KUMAIYAH, LAILY ROSDIANA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan melatihkan keterampilan komunikasi tertulis peserta didik. Analisis yang digunakan adalah dengan metode deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini pra-ekmerimental dengan rancangan penelitian One Grup Pretest-Postest design. Rata-rata nilai yang diperoleh pada pembuatan laporan praktikum 89.5 yang dikategorikan sangat baik, Modus penilaian keterlaksanaan pembelajaran pada model siklus belajar 5E (Learning cycle) mendapat skor 4 dengan kategori sangat baik dari tiga pengamat. Respon yang di berikan oleh peserta didik terhadap model pembelajaran yang digunakan mendapatkan nilai rata-rata 97.69 dengan kategori sangat kuat

Kata kunci : model siklus belajar 5E (Learning cycle) dan keterampilan komunikasi tertulis



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.