Penggunaan Model Project Based Learning Untuk Melatihkan keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan

SEPTANINDYA AYU PERMATA SARI, TUKIRAN

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) pada materi pencemaran lingkungan. Masalah pada penelitian ini antara lain bagaimanakah keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran dengn model Project Based Learning apakah dapat melatihkan keterampilan berpikir kreatif setelah menggunakan perangkat tersebut. Dalam proses penelitian ini akan menggunakan konsep pengembangan Research & Development dengan tahapan: (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desin produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, dan (6) tahap uji coba produk. Populasi penelitian adalah siswa-siswi dari SMP Katika IV – 1 Surabaya.. Hasil dari melatihkan berpikir kreatif di dapat pada nilai N-Gain dengan rata-rata 0.66 dengan kategori sedang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.