PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

MUFIDAH NURUL HIDAYAH, ELOK SUDIBYO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dalam dimensi pengetahuan, terhadap penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre- experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMPN 6 Sidoarjo yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan kategori sangat baik pada setiap pertemuan. Berdasarkan analisis ­N-Gain diperoleh 34% siswa mendapatkan skor N-Gain dengan kategori sedang dan 66% siswa dengankategori tinggi.

Kata kunci: Learning Cycle 5E, hasil belajar.







Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.