KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI LAPISAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Rofi' Mauidhotul Ulya, Laily Rosdiana

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis keefektifan media pembelajaran video animasi pada materi lapisan bumi ditinjau dari hasil pemahaman konsep siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian “One group pretest-posttest design”. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII-D SMP Negeri 3 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Indikator pemahaman konsep yang digunakan adalah memberi contoh, mengkategorikan, membandingkan dan menjelaskan. Hasil dari penelitian ini adalah pada indikator memberi contoh memperoleh n-gain sebesar 0,84 dengan kategori tinggi, indikator mengkategorikan memperoleh n-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang, indikator menmbandingkan memperoleh n-gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang dan indikator menjelaskan memperoleh n-gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Indikator membandingkan mendapatkan nilai posttest yang paling rendah dan indikator memberi contoh mendapatkan nilai posttest yang paling tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi sebagai media pembelajaran pada materi lapisan bumi sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Kata Kunci: Video Animasi, Pemahaman Konsep, Lapisan Bumi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.