PENGEMBANGAN FLIP BOOK IPA TERPADU BILINGUAL DENGAN TEMA MINUMAN BERKARBONASI UNTUK KELAS VIII SMP

NUR LAILI MAGHFIROTHI

Abstract


Abstrak 


Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan flip book IPA terpadu bilingual dengan tema minuman berkarbonasi untuk kelas VIII SMP berdasarkan kelayakan teoritis, dan empiris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Dick and Carey, namun terbatas hanya sampai pada tahap ke sembilan, yaitu melakukan revisi terhadap program pembelajaran. Sasaran penelitian ini adalah pengembangan flip book IPA terpadu bilingual yang diuji cobakan pada 16 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kediri.  Analisis data hasil penelitian dilakuk an secara deskriptif kuantitatif, dengan mendeskripsikan data hasil penelitian kemudian diinterpretasikan ke dalam angka berdasarkan kriteria menurut Riduwan. Hasil penelitian menunjukkan flip book IPA terpadu bilingual dengan tema minuman berkarbonasi yang dikembangkan layak digunakan secara teoritis. Berdasarkan komponen kelayakan materi menunjukkan kategori sangat baik (85,16%), komponen kelayakan penyajian dengan kategori sangat baik (92,97%), dan berdasarkan komponen kelayakan bahasa menunjukkan kategori sangat baik (88,89%). Kelayakan empiris berdasarkan tingkat keterbacaan siswa, flip book dinyatakan layak dengan kategori sangat baik (93,75%). Sedangkan berdasarkan hasil angket respon siswa diketahui bahwa siswa merespon positif penggunaan flip book berdasarkan komponen materi sebesar 100%, bahasa sebesar 93,75%, dan komponen penyajian sebesar 95,00%. Kelayakan empiris berdasarkan hasil belajar siswa ditinjau dari presentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan empiris dan teoritis, dapat diiterpretasikan bahwa flip book IPA terpadu bilingual dengan tema minuman berkarbonasi untuk kelas VIII SMP sangat layak untuk digunakan.


Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Flip Book, IPA Terpadu


 


Abstract


The aims of the study is to know the feasibility of bilingual integrated science flip book in carbonated beverage theme for junior high school in eight grade based on theoretical, and empirical feasibility. This is development research using Dick and Carey model, but this research was limited until nine stages (revisi instruction). Research subject is the bilingual integrated science flip book in carbonated beverage theme, which testing product for 16 student’s of eight grade students 2nd junior high school state of kediri. Descriptive data were analyzed quantitatively, by describing data then interpreted into a number based on Riduwan criteria. The result showed that bilingual integrated science flip book in carbonated beverage theme is feasible based on theoretical feasibility. Based on material creteria showed very good category (85,16%), presentation criteria showed very good category (92,97%), and also for languange criteria showed very good category (88,89%). Empirical feasibility based on reading level, showed that flip book is feasible with very good category (93,75%). While for student response is showed positive response for using flip book by material criteria persentase about 100%, languange persentase about 93,75%, and presentation persentase about 95,00%. The feasibility of student’s learning outcome from classical’s thoroughness percentase showed 100%. From the result of theoretical, and empirical feasibility can be interpreted that bilingual integrated science flip book in carbonated beverage theme for junior high school in eight grade are very appropriate to be used.


   Keywords: Development research, Flip Book, Integrated Science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.