MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MATERI IPA TERPADU TEMA PELANGI KELAS VIII-A SMP UNGGULAN NAHDLATUL ULAMA’ MOJOAGUNG

LATIFATUL AINIYAH

Abstract


Abstrak


Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui penelitian tindakan kelas yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian ini mendeskripsikan peningkatan aktivitas, keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar siswa. Sasaran dari penelitian ini adalah guru serta siswa kelas VIII-A SMP Unggulan Nahdlatul Ulama Mojoagung pada materi IPA Terpadu tema Pelangi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I dan II yang dilakukan empat pertemuan. Skor peningkatan rata-rata yang diperoleh dari 3.21 menjadi 3.6 yang termasuk dalam kategori baik. Aktivitas siswa pada aspek mendengarkan penjelasan guru mulai dari pertemuan pertama siklus I hingga pertemuan kedua siklus II adalah 26%, 27%, 28% dan 26%. Penurunan persentase tersebut diikuti aktivitas siswa yang lain yakni aktivitas melakukan percobaan/ pengamatan dengan sungguh-sungguh dengan persentase 12%, 15%, 14% 14%. Selain itu terpadat peningkatan pada aktivitas menganalisis hasil p ercobaan/ pengamatn dengan persentase 19%, 21%, 18% dan 19%. Untuk aktivitas yang tidak relevan mengalami penurunan persentase dengan persentase 6%, 3%, 1%, 1%. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada pertemuan pertama siklus I sampai pertemuan kedua siklus II jumlah siswa pada level kritis adalah 0, 3, 0 dan 8 siswa sedangkan pada level cukup kritis sebanyak 7, 16, 25 dan 22 siswa. Pada level kurang kritis 13, 13, 7, dan 2 siswa sedangkan pada level tidak kritis hanya ada pada pertemuan pertama siklus I sebanyak 12 siswa. Aspek psikomotor siswa dari hasil penilaian sesuai kriteria yang ditentukan masing-masing aspek mengalami peningkatan sebesar 3.50%; 14.57% dan 15.62%. Ketuntasan klasikal berdasarkan post test sebesar 69% mengalami peningkatan dari pre test yang hanya mencapai 6%. Dapat disimpulkan penelitian dikatakan berhasil karena selain keterampilan mengajar guru meningkat, hasil belajar, aktivitas juga keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan. Sebaiknya guru harus selalu mendukumentasikan keterlaksanaan proses belajar mengajar untuk meningkatkan keterampilan mengajarnya.


Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, Keterampilan berpikir kritis, tema pelangi


Abstract


Research has been done to improve the teaching skills of teachers through action research that can improve students' critical thinking skills through the application of inquiry learning model. This study describes the results of increased activity, critical thinking skills and student learning outcomes. The object of this research is the teacher and the students of class VIII-A SMP Unggulan Nahdlatul Ulama Mojoagung in Science material with Rainbow theme. The results showed an increase in teachers' teaching skills in cycle I and II which are conducted four meetings. Score an average increase obtained from 3.21 to 3.6 are included in good categories. Activity students listen to the teacher's explanations on aspects ranging from the first meeting of the first cycle to the second meeting of the second cycle was 26%, 27%, 28% and 26%. The percentage decrease in activity followed by an increase activities doing experiments /observations in earnest with a percentage of 12%, 15%, 14% 14%. Besides an increase in the activity populous analyze the results of experiments /observation with percentages 19%, 21%, 18% and 19%. For activities that are not relevant to the percentage decrease percentage 6%, 3%, 1%, 1%. Critical thinking skills of students has increased in each cycle. At the first meeting of the first cycle to the second meeting of students in the second cycle in the critical level of 0, 3, 0 and 8 students while quite critical level are 7, 16, 25 and 22 students. On a less critical level 13, 13, 7, and 2 students, while at the critical level not only at the first meeting of the first cycle as many as 12 students. Psychomotor aspects of student assessment results according to the criteria specified for each aspect of an increase of 3.50%; 14.57% and 15.62%. Classical completeness by post test increased by 69% from pre-test, which only reached 6%. It can be concluded the research is successful because in addition to increasing teachers' teaching skills, learning outcomes, critical thinking skills activity also increased. We recommend that teachers should always document the enforceability of the learning process to improve their teaching skills.


Keywords: Model inquiry learning, critical thinking skills, rainbow theme


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.