PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI NESTED PADA POKOK BAHASAN BAHAN KIMIA MAKANAN

FAUZIAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, keefektifan dan respons siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi nested pada pokok bahasan bahan kimia makanan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKS dengan subjek penelitian LKS berorientasi nested pada pokok bahasan bahan kimia makanan dengan sasaran uji coba siswa SMP kelas VIII. Sumber data dalam penelitian ini adalah tim ahli yang meliputi dosen dan guru IPA sebagai validator, serta siswa kelas VIII SMP Walisongo sebagai pengguna. Rancangan penelitian ini mengacu pada model pengembangan Fenrich. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode validasi, tes, pengamatan dan angket respons. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar tes, lembar pengamatan, dan lembar angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk lembar pengamatan dan deskriptif kuantitatif untuk lembar validasi, tes dan angket respons siswa. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa LKS berorientasi nested yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk SMP. Hal ini didasarkan hasil validasi oleh ahli menunjukkan LKS telah layak dengan kelayakan pada aspek konstruksi yang diperoleh LKS I sebesar 82% (sangat layak), LKS II mendapa t 82% (sangat layak), LKS 3 mendapat 81% (sangat layak), LKS 4 mendapat 77% (layak), LKS 5 mendapat 78% (layak), LKS 6 mendapat 78% (layak) dan LKS 7 mendapat 78% (layak), sedangakan aspek isi kelayakan yang diperoleh LKS secara keseluruhan 78% (layak). LKS yang dikembangkan mendapat respons positif dari siswa sebesar 92%. Penggunaan LKS ini juga dapat membantu siswa dalam mencapai ketuntasan indikator pembelajaran yang ditunjukkan keseluruhan indikator mendapat kriteria tuntas dan indikator afektif mendapat persentase rata-rata 94% untuk karakter kerjasama, 96% untuk karakter tanggung jawab, 97% untuk karakter menyampaikan pendapat dan 100% untuk karakter menerima pendapat.


Kata kunci : LKS, nested, bahan kimia makanan


Abstract


This research is aimed to determine the validity, efectivity, and the students' response to Student Activity Sheet-oriented Nested on the Subject Matter of Food Chemicals. This research was development research with Student Activity Sheet as subject research and student of Junior High School in 8th grade as source of limited testing. There are a team of experts that includes faculty and science teachers as validators and student of Walisongo Junior High School as user. The research design itself, refers to a development model by Fenrich. The data was collected using a validation method, evaluation method, observasion method, questionnaire method. The research instrument was used questionnaire sheet validation, evaluation sheets, sheets of questionnaire observation and sheets of questionnaire responses. Descriptive data were analyzed in qualitative method. The results showed that the Developed Student Activity Sheet-oriented Nested is suitable to be used in the learning process for Junior High School overall contruction feasibility of 1ststudent activity sheet is 82%, 2ndstudent activity sheet is 82%, 3rsstudent activity sheet is 81%, 4thstudent activity sheet is 77%, 5thstudent activity sheet is 78%, 6thstudent activity sheet is 787%, and 7thstudent activity sheet is 78%. Student activity sheet was developed get 92% positive response from the student. The use of these Student Activity Sheet can help students achieve lesson completed indicator that indicated with criteria of all indicator was complete and afective indicator get average percentage 94% for cooperative character, 96% for responsibility character, 97% for giving opinion, and 100% for accept opinion.


Keywords: student activity sheet, nested, food chemicals 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.