PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN SETS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA GULMA KELAS VIII SMP

YENI SAFITRI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran, hasil belajar siswa serta respon siswa. Sasaran penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Sumberrejo tahun ajaran 2012-2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest and posttest group design, dan analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil data pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan model pembelajaran, hasil belajar siswa dan data respon siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I dan II masing-masing yaitu 3,5; 3,7 sehingga rata-rata pertemuan I dan II yaitu 3,6 yang artinya keterlaksanaan model pembelajaran berdasarkan masalah terlaksana dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal pada posttest 91%, yang artinya 91% dari 34 sis wa telah tuntas secara individu. Berdasarkan perhitunggan uji t berpasangan diperoleh harga t tabel sebesar 1,994 sedangkan thitung = 12,29. Karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor masing-masing dirata-rata sebesar 86 dan 93. Respon siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah adalah siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran tersebut.


Kata kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah,Pendekatan SETS, Gulma, Hasil Belajar dan Respon Siswa.


Abstract


This research aims to descript realization of learning method, result learning of students and their response. Target of this research is all eight grade students class G SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro in school year 2012-2013. This research uses pretest and posttest group design, and is analyzed by descriptive way. The result of this research are data of learning method realization, result of learning and responses of students.  Based on data analysis, we gets mean value of learning realization on session I and II is 3.5 and 3.7. So mean value of session I and II is 3.6. It means realization of problem based learning method can be categorized as good category. Completeness of general cognitive result learning of students in classical way on posttest group is 91%. That means 91% from 34 students have completed individually. Based on combination of t eksperiment are gotten t table is 1.994 and t calculated is 12.29.  becaused of t calculated > t table so there is significant difference between score of pretest and posttest group. Result’s learning of students on affective and psychomotor aspects is average 86 and 93. Response of students in problem based learning is students gived positive response to the learning.


Keywords: problem based learning method, SETS approach, Weeds, result of learning and responses of students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.