UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA, GERAK  DAN ENERGI  DENGAN  PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V MI THORIQUL HUDA JUWET NGRONGGOT NGANJUK

M.ZABIBURROHMAN

Abstract


Abstrak


Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui penelitian tindakan kelas yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual. Hasil penelitian ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Sasaran dari penelitian ini adalah guru serta siswa kelas V MI Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk pada materi gaya, gerak dan energi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I dan II yang dilakukan enam pertemuan. Skor peningkatan rata-rata yang diperoleh dari 3.6 menjadi 3.9 yang termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar siswa pada aspek afekif menunjukkan peningkatan pada siklus I dan siklus II adalah 77,0% dan 81,8% termasuk katergori sangat baik. Aspek psikomotor siswa dari hasil penilaian juga menunjukkan peningkatan pada siklus I dan siklus II adalah 79,5% dan 83,9% dengan kategori sangat baik. Hasil resp on siswa menunjukan respon positif pada siklus I dan siklus II adalah 92,9 dan 94,5 dengan kategori sangat merespon. Ketuntasan klasikal berdasarkan post test pada siklus I sebesar 67,9% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,7% dengan kategori tuntas. Dapat disimpulkan penelitian dikatakan berhasil karena selain keterampilan mengajar guru meningkat, hasil belajar aspek kognitif produk, afektif dan psikomotor mengalami peningkatan, serta hasil respon siswa yang merespon positif. Sebaiknya guru harus selalu mendokumentasikan keterlaksanaan proses belajar mengajar untuk meningkatkan keterampilan mengajarnya.


Kata kunci: Pendekatan kontekstual, hasil belajar siswa, materi gaya, gerak dan energi. 


Abstract


 


Research has been done to improve the teaching skills of teachers through class action research to improve student learning outcomes through a contextual approach. The results of this research describe the improvement of teacher’s teaching skills, student learning outcomes, and student responses. The objective of this research is  teacher and students of fifth class in MI Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk on force, motion and energy. Material. The results showed an increase teachers' teaching skills in cycle I and II were conducted in six meetings. Improve of the average scores obtained from 3.6 to 3.9 were included in good categories. Affective aspects of student learning outcomes showed improvement in cycle I and II was 77.0 % and 81.8 % excluding the very well category. Psychomotor aspects of student learning outcomes also showed an increase in cycle I and II was 79.5 % and 83.9 % with a very good category. The results of student responses showed a positive response in cycle I and II are 92.9 and 94.5 with the very responding category. Classical completeness based post-test in the first cycle was 67.9 % in the second cycle increased was 85.7 % in the complete category. It can be concluded class action research is successful because in addition to increasing teachers' teaching skills, cognitive products learning outcomes, affective and psychomotor increased and the results of student responses that respond positively. Recommend that teachers should always document the enforceability of the learning process to improve their teaching skills.


Keywords: contextual approach, student learning outcomes, force, motion and energy material.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.