EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBERIAN SURAT IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU KABUPATEN SIDOARJO

SISKA DUWI SUTANTRI

Abstract


EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBERIAN SURAT IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU KABUPATEN SIDOARJO


 


Siska Dwi Sutantri


S1 Ilmu Administrasi Publik, FIS, UNESA (siskadwisutantri@yahoo.com )


Eva Hany Fanida S.AP., M.AP


Abstrak


Pada dasarnya pelayanan publik dapat diartikan pemberian layanan (melayani) keperluan perorangan maupun masyarakat yang mempunyai kepentingan sesuai dengan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Kecenderungan yang terjadi di lapangan para petugas pemberi pelayanan masih memposisiskan masyarakat sebagai pihak yang “melayani” bukan yang dilayani. Permasalahan ini yang menimbulkan dampak buruk terhadap perkembangan kualitas pelayanan publik. Salah satu instansi pemerintah yang menyediakan pelayanan perijinan adalah Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo. Instansi ini yang berkewajiban melayani segala kepengurusan ijin di Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan data yang diperoleh dengan adanya pengurusan Izin Mendirikan Bangunan ini Pemerintah kabupaten Sidoarjo mendapatkan pemasukan yang setiap tahunya bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Pelayanan Pemberian Izin Mendirikan Bangunan di Badan Pelayanan Perijinan terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo.


Pengukuran Efektifitas Pelayanan Pemberian Izin Mendirikan Bangunan ini menggunakan enam indikator dari keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 , yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana dan kompetensi petugas pemberi pealyanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 90 dari jumlah populasi 701 pemohon yang datang ke kantor BPPT Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik dan anlisis deskriptif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan pemberian Izin Mendirikan Bangunan di BPPT Kabupaten Sidoarjo dapat dikatakan sudah cukup efektif. Dari pengujian validitas, reliabilitas, dan analisis statistik-deskriptif dihsilkan bahwa penilaian setiap sub variabel sebagian besar mendapatkan prosentase antara 41% - 60% dimana prosentase tersebut digolongkan dalam kategori cukup efektif. Dari 28 sub variabel yang tercantum dalam kuesioner penelitian terdapat 15 sub variabel yang tergolong kategori cukup efektif dan 13 sub variabel tergolong dalam kategori efektif. Saran yang diberikan peneliti dari hasil penelitian ini meliputi, Memperbaiki proses pelayanan agar tepat dan sesuai dengan proses yang telah ditentukan, melihat masih banyak pemohon yang belum jelas terlkait ketepatan proses pelayanan, Memperbaiki kejelasan prosedur proses pelayanan. Dimana masih banyak pemohon yang bingung dengan alur proses pelayanan.


 


Kata kunci: Efektifitas, pelayanan, IMB


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.