PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH OLEHDINAS PERTANIAN KOTA SURABAYA(Studi Kasus pada UKM Makanan dan Minuman diEkowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya)

DANI RENDRA L P

Abstract


Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tiap daerah. Upaya pemberdayaan juga dapat dilakukan melalui sektor pariwisata dan sumber daya alam lokal yang dimiliki di setiap daerah. Salah satunya ekowisata hutan mangrove di Kelurahan Wonorejo Surabaya. Kawasan ini sangat strategis untuk dikembangkan dalam bidang wisata demi membangun perekonomian dan menunjang kesejahteraan masyarakat sekitar karena masyarakat dapat mendirikan beberapa UKM sehingga dapat menambah penghasilan dan menciptakan lapangan kerja baru.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) oleh Dinas Pertanian pada UKM makanan dan minuman di ekowisata hutan mangrove Wonorejo Surabaya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari beberapa informan dan lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan UKM di ekowisata hutan mangrove Wonorejo dilihat dari aspek pemungkinan yakni masyarakat kini dapat tambahan penghasilan dengan berjualan makanan dan minuman bagi para pengunjung, aspek penguatan yakni dilakukan dengan pemberian pelatihan pemasaran kepada pelaku UKM, aspek perlindungan yakni perlindungan berupa perda yang melindungi kawasan hutan mangrove dari kegiatan pembangunan perumahan, aspek penyokongan yakni melalui pasar murah yang membantu pelaku UKM agar produknya lebih dikenal oleh masyarakat, aspek pemeliharaan yakni memberikan sosialisasi dan pelatihan supaya masyarakat dapat lebih merawat dan memelihara hutan mangrove karena dapat memberikan mereka sumber penghasilan.
Kata kunci : Usaha Kecil Menengah, Pemberdayaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.